Setidaknya sejak tiga setengah tahun lalu, banyak kesempatan bertemu dengan pihak pabrikan, terutama Jepang, sudah saatnya pabrikan memproduksi motor kelas 250cc diIndonesia.
Ada banyak keuntungan yang didapat, baik dari segi harga, fleksibilitas dan marketing.
Bagi rider ketersediaan spare part pun tidak lagi menjadi masalah.
Jawaban dari rekan-rekan pabrikan umumnya menyetujui pertimbangan tersebut.
Dan memang akan menguntungkan prinsipal Indonesia apabila bisa seperti itu.
Namun nampaknya keputusan plant produksi memiliki banyak faktor yang keputusan akhir ada di Jepang nya.
Sampai kemudian akhirnya motor 250cc pun diproduksi di Indonesia mulai tahun 2014 oleh Kawasaki (RR Mono), Yamaha (R25), dan Honda (CBR250RR) menyusul.
Dat obrolan via WA dengan seorang penggila motor, sebut saja namanya bunga,.tentang perkembangan market motor yang saat ini sudah memiliki tuntutan yang sudah berbeda. Memiliki motor 250cc sudah menjadi sesuatu yang biasa. Kebutuhan pun berkembang ke segmen diatasnya.
Sudah saatnya pabrikan memproduksi motor ber-cc besar 500-750 cc di Indonesia. Setidaknya mulai dari kelas non-sport deh.
Masing-masing pabrikan memiliki andalan di kelas tersebut saat ini. Mulai dari box-seller Er6 families Versys danVulcan, CB500 families, MT-07 danGS750.Selama ini Thailand atau India masih dipercaya jadi basis produksi bagi moge-moge itu.
Lah sama-samamakan nasi, kenapa mereka bisa kitanya engga bisa?
Dulu 250cc engga bisa diproduksi di Indonesia tapi sekarang nyatanya bisa.
Persoalan infrastruktur dan ketersediaan parts? dibuat bertahap aja.
Ada beberapa keuntungan perlu produksi di Indonesia.
Keuntungan Pertama:Untuk mengatasi hambatan bea impor, bea masuk, biaya shipping dan insurance, dan harapannya mendorong revisi skema pajak yang mendorong manufacturing di Indonesia Untuk kelas diatas 500cc biaya yang bisa dihemat cukup signifikan.
Keuntungan Kedua:Alih teknologi dan daya serap tenaga kerja serta modal. Tentunya ini akan mendorong tumbuhnya vendor/supplier nasional yang memiliki kualitas global. Tentu ini harus bertahap. Wajar kalau di tahap-tahap awal masih mengandalkan supplier regional. Ketersediaan parts nasional berkualitas tinggi adalah salah satu syarat penting untuk tumbuhnya industri otomotif nasional. Siapa tahu kemudian akan muncul industri nasional.
Keuntungan Ketiga:Ikut membangun kebanggaan nasional dan merubah persepsi/penerimaan negatif atas moge.
Keuntungan Keempat:….. apa menurut Bro dan Sis?
Moge produksi Indonesia dengan harga yang (lebih) terjangkau?
Stop importing, start producing !!
Kita pasti bisa! hehe
Indonesia bisa !
Source:Kang Leo7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar