Selasa, 08 Desember 2015

Motogp : Valentino Rossi gambarkan ECU sekarang mirip seperti Yamaha era 2008-2009….

Yamaha YZR-M1 2008 Mumet mzbrow….semua pembalap factory dibuat puyeng dengan karakter ECU yang disuplai magneti mareli tahun depan. Tidak heran seorang Dani Pedrosa-pun dibikin tekuk lutut melawan best lap Tom Sykes yang nunggang SBK Kawasaki saat testing terbuka. Begitu pula Marc Marquez yang ditempel ketat rider SBK penunggang ZX10R. Kondisi ECU saat ini digambarkan Rossi mundur 3 langkah kebelakang seperti milik Yamaha dijaman era 2008-2009.Waduh….parah bener yak berarti…. hadeuhh /:) Pada hari pertama jajal ECU baru…Rossi mengatakan rasanya seperti melompat dimasa lalu yakni era 2008-2009. Tim manager Lorenzo Wilco Zeelenberg-pun tidak menampik hal itu. Banyak hal yang membuat mereka harus bekerja keras. “Benar….banyak yang harus kita lakukan. Apalagi Yamaha dan Honda diseting sangat baik disektor ini. Wheelie control, traction control, engine braking dan banyak lagi lainnya. Kini mereka merubahnya dengan tiba-tiba…..“Mereka (Dorna) mengganti dengan ECU sistem yang belum pernah di tes sebelumnya. So….tidak aneh jika rider kehilangan semuanya dihari pertama. Tapi seiring waktu berjalan dan membaca data…mereka bisa lihat apa yang salah untuk melakukan perubahan yang diperlukan….” ujar Wilco. Doi juga mengakui…Yamaha mengalami kendala yang sama dengan Honda soal sulitnya mengendalikan motor dengan ECU dari Magneti Mareli. Motor jadi lebih agresif….. “Aku rasa kami juga mengalaminya. Aku tidak bisa memberikanmu jawaban secara spesifik karena aku tidak menungganginya langsung. Namun dengar dari Jorge motor jadi lebih menguras tenaga, sulit dikendalikan dan tidak bisa disetir sesuai keinginan…”tutur Wilco lagi. Dari jawaban diatas jelas….betapa elektronik memegang peranan penting bagi para rider Motogp era modern. Sekalinya diberikan motor dengan kontrol inferior….maka hasilnya sampeyan bisa lihat sendiri…..Last….untuk mengakali keterbatasan kemampuan elektronik….Honda kabarnya sampai memangkas power mereka supaya power delivery lebih smooth. Itu aja Marc masih mengeluh motor cenderung wheelie saat keluar tikungan. Dilalah yang demen saat ini adalah Ducati dan tim factory bawah yang makin kompetitif akibat duo Yamaha-Honda mundur kebeberapa era sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar