Sabtu, 05 Desember 2015

Mengenai Lubang Tangki bahan bakar Yamaha YZR M1 Yang Pindah kebelakang . .

pemirsa sekalian,Yamaha YZR-M1 Model 2016 sebenarnya telah di ujicobakan dalam Real Race semenjak MotoGP Motegi Oleh Katsuyuki Nakasuga, Pebalap wildCard Yamaha Factory Racing Yang saat itu menggunakan Motor dengan Livery Khusus dengan Grafis Kuning Bumble Bee 60 Tahun Yamaha  . ..  Nah Memang jelas Terlihat bahwa Motor M1 yang dipakai Oleh Nakasuga, dan Akhirnya digunakan Oleh Lorenzo dan Rossi pada Test Valencia setelah race Finale memang memiliki Lubang Bahan Bakar yang berada di belakang. . . Gimana analisannya ?saya belum paham si hehe...Tpi artikel yg di tulis kang topik brangkali bisa membantu...langsung ajah deh sayah rangkumin (hihihi)
melihat kenapa Yamaha sampai mengubah Jalur Input Bahan bakar sampai ke belakang ? . . . Kalau analisa di blognya ms topik sih memang ada hubungannya dengan regulasi MotoGP 2016 yang menambah bahan bakar maksimum bagi teamyang awalnya Tahun 2015 hanya 20 liter untuk team Factory Class, menjadi 22 liter untuk semua team di tahun 2016 nanti ...untuk gambaran, berikut adalah gambar Yamaha M1 versi 2015 yang di jepret saat di test Sepang Februari 2015 :

Fuel tenk memang biasannya punya tempat di tengah . . . Bukan apa apa, seperti Bahan bakar minyak tentunya memiliki bobot dan paling aman adalah menempatkan fluida ini berada diposisi paling sentral dalam hitungan titik Pusat massa dari Motor . . . paling gampang adalah ... ditempatkan di tengah . . . dan hampir seluruh Motor yang digunakan di MotoGP menempatkan Fuel Tank di tengah karena perhitungan fisikamengenai Titik pusat Massa (Centre of Grafity) Nah Gimana Untuk 2016 ini ? saya setuju dengan mas topik yg memperkirakan letak Tangki bahan bakar utama Untuk Yamaha M1 versi 2016 masih tetap berada di tengah karena perhitungan fisika mengenai titik pusat massa ini . . . Lubang kebelakang adalah semacam Lubang ekstensi (tambahan) . . . Kenapa arahnya ke belakang? . .. kenapa Bukan Ke depan ? Karena kalau kedepan . ..Space nya sudah nggak cukup sob lihat lagi deh nah di depan fuel Tank M1 2015 itu ada semacam Box filter udara yang dibagian atas umum nya merupakan letak dari ECU dan peranti elektronik . . . jadi istilah anak anak kampung sini sih . ..Udah mentok. . . padahal kapasitas naik 2 liter. Kapsitas fuel tank mau digedein ? bisa saja nanti akan membuat streamline Motor akan berubah dan riding feel pebalap berubah karena letanya berada di bawah jok . .. istilahnya akan membuat M1 makin ‘gemuk’ . . . so salah satu solusi paling aman adalah dibuat ekstension memanjang ke arah belakang . . . yang fungsinya selain sebagai tempat Ngocorin bbm ( Filler cap) juga sebagai space tambahan ekstra 2 liter . . . So masih memperkirakan Bukan full Fuel Tank pindah ke belakang . . . Bukan apa apa . . . saat awal race isi 22 liter bahan bakar ditaroh dibelakang, itu M1 kayaknya akan punya feeling yang sangat berbeda . .. biasannya 20 liter ditaroh ditengah, ini 22 liter ditaroh dibelakang hehehe . . ya kalo pengen ngerasain gimana rasannya sih silahkan Pake motorbawa bensin 22 liter taroh di box givi belakang deh .. monggosilahkan . . . Nah kenapa Yamaha Bisa melakukan itu ? satu yang bisa sya lihat . .. karena Yamaha memiliki sistem Exhaust Slash cut yang tidak berada di Buntut .. . Jika sistem Exhaust (knalpot/ muffler ) berada di belakang, maka kalau dipaksakan Filler cap di belakang juga ini akan berakhibat . . . Knalpot selain berfungsi sebagai saluran gas buang, juga sebagai ‘heater‘ . . yang akan memanaskan Fuel Tank. . . Persis seperti yang terjadi di Ducati Desmosedici GP14 series . . . itulah kenapa pernah satu ketika motor Dovi kayak kehabisan bensin, padahal itu karena bensinnya ‘nguap’ di dalamfuel tank yang panas karena mendapat heater dari Pipa Knalpot, steleh motor didinginin ,seketika seperti memperoleh kembali bbm tambahan dari kondensasi bbm kata Gigi Dall Igna dahulu . . . so ini hanya analisa dan opini . . . silahkan dikunyah kunyah sob . . . semoga berguna~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar