Rabu, 16 Desember 2015

penasaran Apa Itu Ride By Wire ?...ini dia pencerahannya..hehe

Bro dan ba sis sekalian, Selama ini kita mengenal adanya Kabel yang menghubungkan antara grip Gas kanan Motor dengan klep Kupu kupu yang berada di Karburator atau di Throtel Body  Namun Di sistem Ride By Wire beda sob, di sistem ini bahkan Nggak ada yang namanya kabel fisik ( Kabel Baja Pilin) yang menghubungkan Grip Gas dan klep Kupu kupu di Karb atau di TB ..  . Jadi sebenarnya Ride By Wire agak sedikit membingungkan karena boleh dibilang, Secara umum malah nggak pake Kabel baja yang dipilin itu, atau mungkin wire disini yang dimaksud kabel tembaga listrik ya ?  . .. Jadi RideBy Wire itu kayak apa dong ? Oke bro mari kita bahas  . .

Dikutif dari warungnya wa Haji Taufik...Beliau (hehe) menjelaskan bahwa Pada sistem Ride By Wire, Setiap gerakan grip gas/ betotan gas yang kita lakukan akan ditransfer melalui sebuah Transporder yang sebenarnya merupakan sebuah Konverter analog ke Digital (ADC). Dan hasilnya adalah sebuah signal listrik digital yang akan di salurkan ke engine management computer atau boleh dibilang ECU/ ECM yang nanti akan membaca apa yang sedang dilakukan oleh pengendara … Setelah memperoleh signal dari Transporder, Lalu ECU/ECM akan mengirimkan signal ke Aktuator dalam hal ini motor steper yang akan mengoperasikan berapa bukaan klep kupu kupu pada Throtel Body . . Jadi Boleh dibilang Yang tadinya hubungan antara grip gas dan bukaan klep kupu kupu di Throtel body adalah langsung , sekarang di sistem Ride By wire menjadi tidak langsung, masuk ke ECU dulu.Biasannya kehadiran Ride By Wire akan menghasilkan fitur fitur lanjutan dari sebuah motor seperti Cruise Control, Kontrol Traksi dan Variable Mode Power. . . Kenapa Gitu ? Gini Logikannya brow . . .Jadi pada sistem gas konvensional ( dengan kabel langsung ke klep kupu kupu), saat kita betot sekencang kencangnya itu grip gas/ throtel maka sebesar itupula klep kupu kupu intake Throtel Body (TB) akan membuka . . . Untuk Motor dengan Lubang Intake besar, maka ada kemungkinan akan membuat motor langsung stall ( mati ) Nah Pada sistem Betotan gas dengan Ride By wire, Saat Kita buka gas sebesar apapun, maka Komputer akan berfikir dan melakukan respon tidak selebay apa yang kita buka di grip gas. Komputer (ECU) hanya akan membuka klep Kupu kupu sebesar yang mesin bisa sebelum treshold (batas) suplai udara membuat motor stall ( mati) Jadi pada dasarnya sebesar apapun gas kita buka, bukaan klep kupu kupu di Throtel body tetap saja yang mengendalikan adalah ECU, Bukan Kita/ Manusia secara langsung Nah Hubungan sama Cruise Control, Cruise Control, Kontrol Traksi dan Variable Mode Power apa dong? Gini brow . .. ambil yang sederhana saja . . .Variable Mode Power . . . DI motor motor jaman sekarang ada mapping power tuh kayak di MV Agusta Brutale 675/ F3 675 contohnya ( Selain Brutale 675, contoh lain adalah KTM RC390, Honda VFR1200F, dan Yamaha R6) .. . Di MV agusta Brutale 765 ada 4 mode riding yang memiliki karakteristik dari respon throtel, torsi, limiter dan engineBrake yang berbeda beda . . . Rain, Normal, Sport dan Custom .. . Nah Kalau Respon gasnya pakai kabel dan langsung membuka KlepKupu kupu di Throtel Body, bakalan susah dong mengkondisikan mode ridingnya, alias bakalan gagal mode ridingnya karena Manusia ambil peranan langsung . . beda kalau Komputer (ECU) yang ambil peranan utama, ia ( ECU) bisa mengkondisikan berapa bukaan throtel saat Hujan, berapa saat Normal, dan berapa saat dipakai Sport/ Race . . . nahhh cerdaskan? Kelebihan lain Ride By Wire selain bisa ditancapkan fitur fitur seperti Cruise Control,Cruise Control, Kontrol Traksi dan Variable Mode Power adalah kita bisa memastikan delivery Power menjadi smooth, tidak meledak ledak, dan tidak mengintimidasi dan efek bonusnya bisa juga membuat efesiensi pemakaian bahan bakar. . . Nah itukan enaknya, gimana nggakenaknya? Yang pertama masalah feel kali yeee, Jadi kerasa dibatasi githu heheheh, logikanya walau kita yang nyuruh, tapi komputer punya peranan penting menentukan disana. Yang kedua adalah masalah teknologi yang butuh sumberdaya lebih cerdas untuk menangani masalah . . . kalo masalah kabel gas Nyangkut doang sih, bisa langsung di deteksi . . . lha kalo sudah semuanya digital signal? lieur mas broo hehehe gak sembarangan mekanik bisa handle . . Nah Githu Deh soal Ride By Wire. . . ini berhubungan dengan yang saya share kemarin mengenai tidak ada Kabel gas di Prototipe dari Honda K64A atau Calon Honda CBR250RR dua silinder. . .Jika di simak lagi di konsol speedometer ada indikator“STD”yang di sinyalir sebagai salah satu dari indikator Variable Mode Power. . . dan ini jelas secara langsung membuat Sinyalemen benang merah antaraK64A dengan sistem Ride By Wire menyeruak . . .Benar apa kaggak ? Kita simak saja nanti bro di Bulan ke dua pada Paruh kedua 2016 saat Honda K64A ini disinyalir Mulai di Produksi Massal . . .dan jika saja benar Honda CBR250RR nanti benar pakai Ride By wire ini jelas bkalan joz bgt haha.... Gimana brow?msih bingung?...hehe sya yakin dah klo punya dsar ilmu otomotif nya bgus psti bkalan paham . . . semoga berguna brow~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar