Langsung ajah kita mulai dulu dari definisi Apex ya biar nggak penasaran.
Apex merupakan titik paling dekat dengan bagian dalam sudut di tikungan.
Apex sering juga disebut dengan istilah Clipping Point.
Apex bisa diartikan pula sebagai titik terdalam dari garis tikungan yang membentuk kurva,dimana Apex adalah titik puncak/titik geometris tikungan yang menjadi pusat keseimbangan.Apex tidak selalu berada di bagian tengah tikungan,tergantung dari bagaimana bentuk tikungan itu.Sebelum mempelajari Apex,kita perlu tau dulu dengan Racing Line MotoGP....
1. Geometric Apex
Teknik ini dinamai juga dengan Traditional Racing Line dan dipakai kebanyakan dari rideri-rider di MotoGP.Kunci utama pada teknik ini adalah untuk mempertahankan kecepatan di sudut tikungan,mengurangi tingkat pengereman,meminimalkan sudut busur lengkungan dan menyentuh titik tengah Apex.Contohnya saat menikung pada belokan yang membentuk sudut 90 derajat.
Pada gambar di bawah ini terlihat tikungan mengarah ke kanan.Cara menikungnya adalah mengambil sisi lebar track di sebelah kiri dan mengerem ketika motor mulai masuk ke sudut tikungan,lalu memposisikan motor sedekat mungkin dengan Apex dan menyentuhnya untuk kemudian keluar tikungan di sisi lebar untuk memperoleh kecepatan yang tinggi.Jika dilihat,garis race berwarna biru di gambar akan membentuk garis geometris.
Keuntungan menikung dengan teknik Geometric Apex :1. Saat keluar dari sudut tikungan lebih halus,motor tidak mengalami guncangan
2. Momentum kecepatan dapat dipertahankan
3. Dari segi bahan bakar akan lebih lama habis
4. Mengurangi kemungkinan terjadinya Understeer
Understeer adalah keadaan dimana motor sulit berbelok karena ban seolah-olah terkunci.Biasanya ini terjadi pada ban depan.Understeer terjadi akibat titik berat motor berpindah dari ban belakang ke ban depan dengan kekuatan yang terlalu tinggi sehingga ban depan akan slip.Motor akan susah di gerakkan sebelum titik berat kembali ke ban belakang motor.
2. Late Apex
Late Apex merupakan teknik menikung dengan memperlambat momentum saat berbelok.Caranya adalah dengan memposisikan motor di bagian lebar track saat mendekati tikungan,lalu membiarkan motor tetap dalam kondisi lurus hingga benar-benar dekat dengan sudut tikungan.Ketika sampai pada area tikungan,motor di belokkan sehingga tidak menyentuh tepat di bagian titik keseimbangan tikungan,melainkan menyentuh area di depannya.
1. Memaksimalkan setiap garis lurus di track dengan mengikuti arah sudutnya
2. Cocok digunakan untuk melakukan Late Braking
3. Memungkinkan Rider menyalip dari sudut bagian dalam tikungan
Kerugian menikung dengan teknik Late Apex :
1. Ban tergerus secara kuat dan menjadi cepat aus
2. Diperlukan motor bertenaga tinggi untuk melakukannya
3. Tidak efektif pada motor yang kurang power
3. Early Apex
Teknik Early Apex dilakukan dengan mengambil area Apex lebih cepat sehingga menyentuh bagian sebelum titik Apex.Teknik ini akan memangkas garis geometris menjadi lebih pendek,seakan-akan memotong Racing Line lebih awal.Early Apex digunakan untuk memaksimalkan kecepatan ketika masuk ke tikungan dan digunakan jika sudut lurus lebih pendek daripada bentuk tikungan itu sendiri.Teknik Early Apex berguna untuk melakukan overtake atau menutup jalur agar tidak di salip Rider lain.
1. Melibas track dengan jarak tempuh yang lebih cepat
2. Mempersingkat waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan balapan
3. Memberi kesempatan untuk memperjauh gap dengan Rider lain
Kerugian menikung dengan teknik Early Apex :
1. Ban cepat habis karena gesekan yang di dapat lebih kuat
2. Saat menikung kondisi motor tidak stabil
3. Sering terlalu melebar hingga bisa out dari track saat keluar tikungan.
Teknik berbelok di tikungan Hairpin (180 derajat)
Di beberapa track pada MotoGP terdapat tikungan yang bisa di bilang sangat sulit dan berkarakter Hairpin.Contohnya saja di sirkuit Shanghai,China yang sekarang tidak di gunakan lagi untuk balap MotoGP.Bentuk tikungan ini seperti memutar balik dan perlu teknik yang tepat untuk melewatinya.
login
BalasHapus