Senin, 07 November 2016

Teknologi-Teknologi canggih berasal dari Balap Motor-Mobil Prototife~

Siapa yang gatau balap motor MotoGp balap motor prototife yang banyak melahirkan Teknologi baru selalu hadir dalam sebuah rancangan motor motogp brosis....

Tim-tim seperti Yamaha,Ducati dan Honda bersaing keras untuk mendapatkan performa tertinggi.
Tak sedikit Dana untuk sebuah tim dalam setahun bisa mencapai ratusan miliar rupiah.... Sekedar contoh untuk tim pabrikan Honda rela mengucurkan dana hingga USD 100 million atau sekitar 1.1triliun rupiah,
sedangkan Yamaha menghabiskan setengah nya sekitar 500-600 miliar rupiah pertahun. Wah banyak juga ya Brosis biaya yang harus dikeluarkan pabrikan...

     Nah sekarang tahu kan kenapa berpartisipasi di Motogp itu tidak lah murah....Umumnya sebuah motor motogp dapat memuntahkan tenaga 240hp dari mesin 4 silinder 1liter/1000cc nya. Di trek lurus dengan mudah dapat mencapai topspeed 338km/jam..
Aturan standar seperti berat minimum 160kg, tanpa ABS (anti-lock Braking System), dan tanpa suspensi elektronik menjadi tantangan tersendiri bagi mekanik motogp....

  Technology dari mobil F1 RPM atau putaran mesin pada mesin motor motogp dapat mencapai 17.000rpm dengan menggunakan Pneumatic Valve Springs, teknologi ini pertama kali dikenalkan oleh tim Renault di mesin V6 nya...
Teknologi lain yang diambil dari mobil F1 adalah Seamless-shift gearbox. Di usung oleh tim Honda pertama kali yang membuat mereka merajai musim 2013 atau yang mengantarkan Marc Jurdun brosis..... Sekarang sih semua pabrikan sudah pke semua teknologi SSG aka Seamless Shift Gearbox
    Sistem ini memungkinkan gir berikutnya sudah siap dan bersentuhan ke gir utama saat gir sebelumnya belum lepas, sehingga perpindahan gigi menjadi lebih halus dan cepat miripmirip sama Dual clutch kyanya Brosiss..
Honda hanya butuh 0.009detik untuk mengganti gigi dibanding motor yamaha yang 0.039detik..
Untuk urusan rem, motogp menggunakan piringan cakram dari carbon fiber dan brake pad dari aluminium. Kombinasi kedua bahan tersebut membutuhkan suhu tinggi untuk beroperasi, contoh di akhir tikungan suhu piringan dan bisa mencapai 900 derajat celcius...Masih banyak teknologi rahasia yg dimiliki sebuah motor motogp, namun yang paling berperan dari kejayaan tim Honda adalah sensor gyroscopic yang diambil dari robot ASIMO buatan honda. Sensor tersebut menerima dan mengolah semua data seperti kecepatan, posisi throthle, akselerasi, sudut kemiringan, dan banyak lain nya sehingga komputer dapat membantu rider dalam menentukan banyak nyagas (mengurangi dan menambah) dan traksi yang dibutuhkan... Itulah sebabnya pembalap honda terlihat selalu nyaman dan pas di setiap skenario tikungan....Ok all, silahkan dicerna dahulu info singkat mengenai teknologi motogp.
Ntar kita bahas teknologi* yang lainnya
Semoga berguna~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar