Jumat, 27 November 2015

Spesifikasi Suzuki Satria FU 150 injeksi ……kompresi naik menjadi 13,5 :1, bobot lebih ringan !!

Bro dan sis sekalian…Entah ada apa dengan hari ini. Perasaan musim bocor kabeh……padahal belum hujan rutin~ Btw…kembali ke soal spesifikasi new Satria FU. Dibongkar oleh akun FBtechnoracing manufacture yang memang terkenal dekat dengan brand Suzuki…..mereka secara gamblang membeberkan spek detil calon Satria FU150 injeksi. Nyaris semua tanpa sisa… Nah…seperti apa bocorannya?. Intip waedetilnya dibawah ini….
Suzuki seperti yang kita memang sedang berusaha keras mempertahankan posisi motor ayago mereka dari rongrongan Honda. Oleh karena berbagai perombakan sana sini dimaksimalkan. Dan berikut bocoran yang diumbar oleh Technoracing atas FU injeksi…..
1.Mesin 100% baru, hampir tidakada parts yang bisa di substitusi dengan mesin FU-150.
2.Pin piston 15mm (Satria Karbu 16mm)
3.Timing Chain double (persis FXR 150 & Shogun FD-110)
4.Langkah masih sama 48.8mm sedangkan diameter masih dirahasiakan.
5.Diameter klep in & out di perlebar masing-masing 2mm dari Satria Karbu.
6.Efek klep in di perlebar, akibatnya coakan di piston habissampai keluar dinding piston.
7.Sudut klep di pertegak (dibanding Satria karbu)
8.Ring piston tipis
9.Posisi bandul engine balancer pindah ke atas (dibanding SatriaKarbu)
10.Shift Arm di develop ulang, bebas miss gear & perpindahanlebih halus (dibanding Satria Karbu)
11.Terdapat penguat / Pemegang Head Engine. (seperti FXR)
12.Penampang radiator lebih besar, kapasitas fluida lebih banyak (dibanding Sonic & MX-King)
13.Jalur air di waterjacket dalam, hampir sampai pangkal TMA (tidak seperti mesin 150cc yamaha yang setengah langkah piston saja)
14.Kompresi mesin 13.5 : 1 (pantesan over bore, tapi torsi besar)
15.Kampas kopling (ruas-ruas kanfas) lebih kecil, alasannya jalur oli lebih baik, sehingga mencegah kopling gosong.
16.Peak power 13000rpm (prototype) semoga versi produksi masal nanti tidak berbeda jauh.
17.Bahan blok-blok mesin jauh lebih tebal (dibandingkan Satria Karbu)
18.Kapasitas oli 1.3 liter, penggantian filter 1.4 liter, over haul 1.5 liter
19.Bobot mesin lebih berat (dibanding Satria Karbu) tapi bobot chassis di peringan, sehingga bobot total malahan turun 2kg (Satria Karbu 107 kg, Satria Fi 105 kg)
20.Fitur Speedometer : Fitur standar + jam, Trip A Trip B, LCD Besar, peringatan changeoil.
21.Kanfas rem depan & belakang jauh lebih tebal (Dibanding Satria Karbu)
2.2.Lampu depan LED (Menyatu dengan reflektor)
23.Bentuk Stop Assy perpaduan New Shogun 125 dan Axelo.
24.One easy button (Suzuki EasyStart)
Yup….saya yakin bocoran diatas akurat karena Technoracing pasti sudah melihat wujud bahkan mungkin jerohan mesin dalamnya. Yang cukup mencengangkan SUzuki menawarkan sesuatu yang beda dibanding rivalnya yakni hadirnya fitur One easy button. Dan satu yang patut dicatat….bocoran menyebut new engine totally “new’ sehingga hampir tidak ada parts yang bisa di substitusi dengan mesin FU-150. Makanya jangan heran untuk spek prototype memiliki peak powerhingga 13ribu RPM (ediann tinggi benar yak) serta kompresi mencapai 13,5 (kayaknya wajib Pertamaxplus ki). Sebuah usaha tidak main-main supaya secara performa…Satria kembali menjadi raja dikelas ayam jago. New FU injeksi??. Dari spek bener-bener edan ki…..kira-kira dibanderol berapa nih???
Siap* Nabung ahk~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar